JOGJA-NETPAC ASIA FILM FESTIVAL KE-17 (JAFF17) “BLOSSOM” DITUTUP DENGAN REKOR JUMLAH PENGUNJUNG TERBANYAK SEPANJANG SEJARAH



      Yogyakarta, 3 Desember 2022 – Festival film internasional terbesar di Indonesia, Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-17 (JAFF17) ‘”Blossom”, memasuki hari terakhir perhelatannya. Selama delapan hari, tercatat lebih dari 16.000 penonton turut merayakan perkembangan sinema Asia Pasifik. Jumlah tersebut jauh melebihi jumlah penonton di sepanjang sejarah pelaksanaan JAFF. Sebuah capaian yang  menggembirakan, yang menjadi pertanda menggeliatnya industri perfilman Asia Pasifik, khususnya perfilman Indonesia, pasca pandemi. “Ini benar-benar seperti perayaan ulang tahun ke-17 yang tak akan terlupakan. Antusiasme JAFF tahun ini dirasakan oleh semuanya. Selama 17 tahun terlibat menyelenggarakan JAFF, tahun ini paling meriah. Semua berfestival dengan gembira. Ini energi yang besar untuk perfilman kita,” tutur Ifa Isfansyah. 

      Selain capaian jumlah penonton yang datang untuk menonton 146 film dari 19 negara, Special Program yang hadir sejak hari pertama hingga hari terakhir juga menunjukkan jumlah peserta yang sangat baik. Lebih dari 470 peserta menghadiri sepuluh Special Program JAFF17, baik public lecture, book talk, masterclass maupun workshop. Hal ini menunjukkan besarnya minat peserta yang ingin memperluas wacana dan mendapatkan pengayaan intelektual dan seni budaya.

       Sementara itu, program Forum Komunitas yang sempat terhenti karena pandemi berhasil dihadirkan kembali tahun ini. Forum Komunitas JAFF adalah ruang yang memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan komunitas film di Indonesia sebagai soko guru perfilman Indonesia. Program ini didukung oleh 56 komunitas film dari berbagai kota di Indonesia dan dihadiri lebih dari 470 peserta, dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari ‘Presentasi Komunitas’ yang memberi kesempatan bagi komunitas untuk bersosialisasi dan berbagi gagasan dan ‘Layar Komunitas’ yang memutar 17 film karya sutradara perempuan.

      Pencapaian JAFF17 lainnya adalah penyelenggaraan bioskop bisik yang dihadiri oleh penonton tunanetra untuk nonton bareng film “Ngeri-Ngeri Sedap” karya Bene Dion Rajaguguk. Ajish Dibyo selaku Executive Director mengungkapkan harapannya terhadap program ini, “Tentunya kami berharap bioskop bisik bisa terus hadir pada setiap perhelatan JAFF. Di tahun-tahun mendatang, kami juga berharap adanya program-program yang dapat mengakomodir para penonton pecinta film yang memiliki keterbatasan dan kebutuhan khusus”.

      Di antara kegiatan pemutaran film dan diskusi, JAFF juga menghadirkan pameran seni instalasi karya Octo Cornelius yang merupakan interpretasi visual tema JAFF17 ‘Blossom’. Octo Cornelius adalah seniman visual asal Yogyakarta yang banyak mengeksplorasi media kayu dan media campuran. “Bagi saya, berbicara ‘Blossom’ yang menjadi tema JAFF17 adalah merekahnya usia 17, usia anak muda yang produktif. Umur 17 tahun, biasanya anak muda ada sombongnya. Sombongnya adalah pergerakannya. Sebagai anak muda senjatanya adalah bergerak. Hal ini yang saya tuangkan dalam karya saya,” ungkap Octo Conelius. Sebanyak 17 karya Octo Cornelius telah dinikmati oleh para pengunjung JAFF17 dan beberapa di antaranya sudah laku terjual.

     Instalasi koper berukuran raksasa buatan Edy Wibowo juga terpasang di halaman Empire XXI Yogyakarta selama JAFF17 berlangsung. Koper tersebut dibuat untuk kebutuhan syuting film musikal berjudul “Melodrama” karya terbaru sutradara Garin Nugroho yang akan segera tayang, dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Amanda Rawles. Permukaan instalasi berbahan kulit yang bisa ditulisi tersebut, kini penuh dengan gambar dan tulisan ucapan selamat ulang tahun dari para pengunjung untuk JAFF17.

      JAFF17 ditutup dengan mengumumkan pemenang masing-masing program kompetisi yang diberikan kepada:

Main Competition – Golden Hanoman

Autobiography (Sutradara: Makbul Mubarak, Indonesia)

Main Competition – Silver Hanoman

Leonor will Never Die (Sutradara: Martika Escobar Ramirez, Filipina)

Main Competition – Jury Special Mention

24 (Sutradara: Royston Tan, Singapura)

NETPAC Award

Let Me Hear It Barefoot (Sutradara: Riho Kudo, Jepang)

Blencong Award

Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan (Sutradara: Eden Junjung, Indonesia)

Blencong Award - Jury Special Mention 

Falling Day (Sutradara: Kyung Seo Park, Korea Selatan)

Indonesian Screen Awards

Best Film: Eksil (Sutradara: Lola Amaria)

Best Directing: Adriyanto Dewo (Film: Galang)

Best Storytelling: Tumpal Tampubolon (Film: Galang)

Best Performance: Orsila Murib (Film: Orpa) & Rafli Anwar Mursadad (Film: Alang-Alang)

Best Editing: Yuda Kurniawan (Film: Roda-Roda Nada)

Best Cinematography : Yudi Datau (Film: Alang-Alang)

Geber Award

Leonor will Never Die (Sutradara: Martika Escobar Ramirez, Filipina)

Student Award

Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan (Sutradara: Eden Junjung, Indonesia)

    Pengumuman pemenang JAFF17 untuk media dilakukan lebih awal melalui konferensi pers di ARTOTEL Suites Bianti, Yogyakarta yang dihadiri oleh rekan-rekan media, para founder JAFF17, dan para dewan juri. 

     JAFF17 menunjukan bahwa perhelatan festival film tidak hanya berkisar tentang penonton, layar, dan proyektor. Selama delapan hari digelar, JAFF17 telah menjadi ajang bertemu para pelaku industri, penonton, dan pegiat film Asia Pasifik di ruang-ruang pemutaran dan diskusi. Semoga pertemuan dan diskusi tersebut bisa menghasilkan karya-karya hebat dari talenta-talenta baru dan berbakat pada tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya.

     Nantikan JAFF18 tahun depan. Informasi lebih lanjut terkait JAFF dan beragam cendera mata berupa kaos t-shirt, tote bag, tumbler, mug, dan pouch dapat diperoleh di website dan media sosial media JAFF.

Comments

Popular posts from this blog

Film Action Terdahsyat Tahun Ini, 13 Bom Di Jakarta Tayang Di Bioskop 28 Desember 2023

Kisah Cinta Bima Dan Dara Di Film Dua Garis Biru Akan Berlanjut Di Film Dua Hati Biru Yang Akan Tayang 17 April 2024 Di Bioskop

Trailer Film Siksa Kubur Penuh Misteri Yang Menegangkan